9 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Tinggi dengan Mudah

Mencegah Asam Urat - Halo pembaca Artikel Asam urat, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tatanan informasi mengenai Cara Mencegah Asam urat. Sebenarnya Asam urat memang sudah ada pada tubuh anda masing-masing, namun pencegahan disini adalah lebih ke mengontrol dosis atau batas normal kandungan asam urat pada tubuh anda. Sehingga Asam urat tidak terlanjur tinggi dan mengakibatkan penyakit Asam urat, yaitu radang sendi yang rasa sakitnya luar biasa. Oleh karenanya, kami ingin berbagi informasi kepada anda mengenai pencegahan asam urat agar tidak melebihi batas normal yang ada. Untuk lebih jelasnya, anda perhatikan artikel ini sampai habis.

Mencegah Penyakit Asam Urat

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Tinggi dengan Mudah
Cegah Asam Urat
Asam urat memang merupakan penyakit yang sering kita dengar, terutama untuk mereka yang berusia pasti ada beberapa yang merasakan sakit asam urat yang membuat sendi tubuh terasa sakit luar biasa. Karena asam urat ini menempel dan menumpuk pada sendi serta mengkristall sehingga membuat fungsi sendi menjadi terganggu dan sakit. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi kepada anda, maka lakukanlah pencegahan mulai dari sekarang. Karena kerugian yang di akibatkan oleh Asam urat ini yang pasti akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Jika anda ingin tahu bagaimana cara mencegah asam urat agar tetap normal dan tidak melebihi batas yang ada ? Bisa anda perhatikan mengenai Cara Mencegah Asam Urat Berlebih berikut ini.

Mencegah Asam Urat Tinggi

1. Hindari Makanan yang memiliki Purin Tinggi
Purin merupakan senyawa yang dihasilkan sel di dalam tubuh maupun di luar tubuh. Yang diluar tubuh biasanya berasal dari makanan yang mengandung banyak purin. Metabolisme dari purin tersebut adalah Asam urat. Jika tingkat Purin yang ada pada tubuh anda tinggi, maka otomatis Asam urat anda menjadi tinggi. Oleh karena itu hindarilah makanan yang memiliki kandungan purin tinggi, contohnya Seafood, Segala jenis daging, Jeroan dan lain sebagainya.

2. Banyak Minum Air Putih
Air putih sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu dianjurkan untuk minum Air putih minimal 12 gelas sehari. Tubuh kita sangat butuh yang namanya air. Karena air merupakan penetral alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dan juga untuk memperlancar metabolisme pada tubuh. Asam urat merupakan hasil metabolisme yang harus dibuang. Dengan air putih, metabolisme tersebut akan lancar dan anda terhindar dari penyakit Asam urat.

3. Hindari Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol memiliki tingkat purin yang sangat tinggi. Tidak dianjurkan untuk anda yang menginginkan pola hidup yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit terutama Asam urat. Kandungan purin pada minuman beralkohol sangat merugikan anda dan kesehatan anda tentunya. Hindarilah minuman tersebut agar anda selalu sehat dan bugar.

4. Minum Kopi Secukupnya (Ngopi)
Menurut beberapa penelitian, di dapatkan bahwa kopi dapat menurunkan kadar Asam urat pada tubuh anda. Biasakan minum kopi secara rutin secukupnya. Karena selain untuk menurunkan kadar asam urat, kandungan kopi sangat dibutuhkan oleh tubuh meskipun dalam jumlah yang tidak banyak. Selain itu, kopi juga dapat menyegarkan pikiran anda dan hal ini terbukti dan dibuktikan oleh kebanyakan orang saat ini yang menyukai aktivitas "Ngopi".

5. Mengkonsumsi Buah yang memiliki Antioksidan Tinggi
Asam urat yang tinggi dapat kita turunkan dengan mengkonsumsi Buah setiap hari. Buah Ceri dan Stroberry terbukti dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Bahkan juga dapat mencegah karena kandungan Antioksidan di dalam buah sangat bermanfaat untuk mencegah Asam urat menjadi berlebih.

6. Konsumsi Vitamin Tambahan
Beberapa Vitamin berfungsi untuk mencegah Asam urat tinggi pada tubuh anda. Untuk itu, konsumsilah Vitamin secukupnya agar terhindar dari penyakit Asam Urat.

7. Menjaga Pola Makan Agar tidak Obesitas
Obesitas merupakan salah satu penyebab kadar Asam urat tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menjaga pola makan anda agar tidak mengalami berat badan yang berlebih. Makanlah secukupnya dan terasupi dengan makanan-makanan yang sehat, seperti buah dan sayur.

8. Rajin Berolahraga
Olahraga rutin juga dapat mencegah melambungnya kadar Asam urat pada tubuh, dengan membiasakan diri berolahraga beberapa menit saja dalam sehari dapat membuat tubuh anda terhindar dari segala macam penyakit.

9. Minum Susu
Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan kalsium sangat tinggi. Oleh karena itu, untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit asam urat dapat di atasi dengan meminum susu setiap hari. Karena susu juga dipercaya dapat menurunkan kadar Asam urat.

Itulah beberapa pencegahan yang harus anda lakukan secara rutin dan berkesinambungan. Ikutilah yang sekiranya dapat anda lakukan setiap hari agar terhindar dari penyakit Asam urat. Sebenarnya ada banyak cara pencegahan lainnya yang belum kami sebutkan. Cara diatas merupakan cara yang sangat lumrah dan bisa dilakukan oleh semua kalangan usia.

Sekian informasi mengenai Cara Mencegah Asam Urat Tinggi yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan informasi yang telah kami paparkan tersebut, dapat memberi menfaat baik untuk anda ataupun hanya untuk sekedar menambah wawasan anda mengenai pencegahan penyakit Asam urat. Alangkah baiknya segera melakukan pencegahan dari sekarang, dari pada menunggu datangnya penyakit Asam urat yang dapat membuat aktivitas anda menjadi sangat terganggu. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang asam urat. Untuk anda yang ingin mengetahui proses atau tahapan penyembuhan asam urat tinggi, anda dapat membaca artikelnya dengan mengunjungi link berikut ini.

Penyembuhan Asam Urat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Tinggi dengan Mudah