Daftar Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

Makanan Untuk Asam Urat - Penyakit Asam urat datang karena seseorang memiliki tingkat asam urat yang tinggi pada kandungan darahnya. Asam urat merupakan hasil metabolisme purin yang dihasilkan oleh sel-sel yang berada di dalam tubuh anda. Apabila anda memiliki jumlah purin normal maka, kadar asam urat anda juga normal dan proses pembuangan asam urat ini lancar tanpa hambatan. Kenapa bisa orang terkena asam urat? Hal itu mungkin disebabkan oleh faktor eksternal yang salah satunya dari makanan.

Makanan untuk Asam Urat

Makanan Bagi Penderita Asam urat
Makanan yang mengandung purin tinggi, membuat jumlah purin di dalam tubuh anda bertambah. Sehingga akibatnya kadar asam urat pun juga meninggi dan terjadi penumpukan asam urat pada sendi tubuh dan mengkristal pada area tersebut. Akibatnya pasti akan merasakan rasa sakit yang luar biasa, bahkan bisa menyebabkan peradangan pada sendi. Untuk mengantisipasi semua itu, anda harus menjaga makanan anda agar terhindar dari penyakit asam urat. Hal ini juga merupakan salah satu cara terapi dan mencegah asam urat paling efektif. Untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit asam urat, kami memiliki makanan yang aman di konsumsi untuk penderita asam urat dan bahkan untuk pencegahan asam urat. Berikut daftar minuman maupun Makanan untuk Asam urat yang harus anda ketahui.

Daftar Makanan dan Minuman Bagi Penderita Asam Urat

1. Buah-buahan
Misalnya buah ceri, strawberry, blueberry, jeruk, apel, pisang dan lainnya. Karena kandungan di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar Asam urat dalam darah. Terdapat kandungan anti-inflamasi serta antioksidan pada buah yang berfungsi untuk menurunkan kadar Asam urat tinggi dalam darah. Vitamin C juga dipercaya memiliki fungsi yang sama, yaitu menurunkan kadar Asam urat. Oleh karena itu, sering-seringlah mengkonsumsi buah secukupnya dalam sehari secara rutin.

2. Sayuran
Segala jenis sayuran yang pada umumnya dikonsumsi juga sangat baik untuk penderita asam urat, dari sayuran hijau, tomat, wortel, dan lainnya. Namun, hindari yang berupa kacang-kacangan dan beberapa sayuran yang nanti akan kami sebutkan pada artikel selanjutnya. Karena beberapa sayuran dan kacang-kacangan yang kami maksud juga memiliki tingkat purin yang cukup tinggi. Sehingga tidak baik untuk penderita Asam urat.

3. Minuman
Tidak semua minuman dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat ataupun sebagai pencegahan. Minuman yang paling baik untuk penyakit asam urat ini adalah Air Mineral, Susu rendah lemak, Yoghurt, kopi, teh hijau dan jus buah yang memiliki kandungan anti-inflamasi yang tinggi misal Jus buah Ceri, Jus Buah Strawberry, Jus Buah Blueberry. Minuman-minuman tersebutlah yang sangat cocok di konsumsi oleh penderita Asam urat maupun anda yang melakukan pencegahan.

4. Makanan Berbahan Gandum
Makanan yang terbuat dari gandum juga sangat baik untuk penderita Asam urat maupun pencegahan. Gandum juga dipercaya dapat mengatasi Asam urat tinggi dalam darah. Sehingga sangat baik di konsumsi bagi para penderita maupun mencegah penyakit asam urat.

5. Makanan Berkarbohidrat Kompleks
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga aman dikonsumsi, seperti Kentang, Beras Merah dan lainnya.

6. Makanan yang mengandung Serat
Serat pada makanan dipercaya dapat menyerap asam urat tinggi dalam darah. Sehingga memudahkan proses pembuangan asam urat melalui ginjal. Pilihlah makanan berserat yang tidak termasuk dalam kategori pengecualian seperti kacang-kacangan.

7. Makanan yang mengandung Omega 3
Omega 3 dipercaya dapat mengurangi peradangan serta pembekakan pada sendi anda. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita Asam urat. Salah satu contoh makanan yang mengandung omega 3 adalah ikan salmon. Namun tidak semua ikan memiliki kandungan tersebut. Banyak dari ikan-ikanan yang memang merupakan pantangan bagi penderita Asam urat. Lebih lengkapnya anda dapat melihat pada artikel selanjutnya yaitu Pantangan Asam urat.

Itulah beberapa Makanan yang dapat anda konsumsi untuk terapi maupun pencegahan Asam urat. Tidak semua makanan dapat anda konsumsi agar terhindar dari penyakit Asam urat. Memang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, karena sumber penyakit dapat anda dapatkan dari faktor eksternal seperti makanan yang kita makan, salah satunya penyakit Asam urat.

Sekian informasi mengenai Daftar Makanan Untuk Usam Urat yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit asam urat maupun anda yang ingin melakukan terapi atau pengobatan penyakit asam urat yang di derita saat ini. Terimaksih sudah berkunjung dan membaca artikel asam urat yang kami informasikan untuk anda. Apabila anda ingin mengetahui Terapi Asam urat Herbal Alami, anda dapat membaca artikel kami melalui link berikut ini.

Terapi Asam Urat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daftar Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat